Senin, 20 Oktober 2014

MEMILIH SABUN SESUAI KEBUTUHAN KULIT


Dari sekian banyak jenis dan merek sabun mandi itu, manakah yang paling cocok dengan kebutuhan kita? Beberapa dari antara kita mungkin sudah memiliki produk atau merek favorit, tapi apakah produk tersebut benar-benar cocok untuk keperluan kulit kita?
Tiap orang memiliki preferensi sendiri dalam memilih sabun mandi yang ingin digunakannya. Apakah itu sabun batang atau sabun cair, jenis sabun wangi atau jenis sabun yang dipercaya bisa membunuh kuman? Lembut di kulit atau justru membuat kulit terasa kesat saat dibilas? Sebelum memilih, kenali dulu jenis kulit, jenis sabun, serta kegunaannya. Yang terpenting adalah memastikan sabun tersebut bukan hanya sekadar membersihkan kotoran dari tubuh kita, tapi juga bisa membuat kulit menjadi lebih sehat, lembut, dan indah.
memilih sabun sesuai kebutuhan kulit - Alodokter

Kenali Jenis Kulit Anda

Kita sering membeli sabun berdasarkan preferensi atau bahkan karena terpengaruh iklan. Padahal yang lebih penting adalah memilih produk berdasarkan jenis kulit. Terutama jika kulit kita cenderung sensitif, kering, atau justru terlalu berminyak.
Kulit kering
Meski berguna untuk menyingkirkan kotoran dan bakteri, sayangnya kebanyakan sabun juga menghilangkan minyak alami yang diproduksi tubuh. Terutama Anda yang berkulit kering, disarankan untuk memakai sabun  yang mengandung pelembap alami. Misalnya sabun dengan kandungan minyak bunga matahari,cocoa butter, atau minyak zaitun.
Kulit berminyak
Kulit kenyal dan lembap adalah keuntungan Anda yang memiliki kulit berminyak. Tapi di sisi lain, kulit yang terlalu berminyak akan membuat bakteri berkembang biak lebih cepat. Gunakan sabun antibakteri untuk mencegah hal ini. Kandungan lavender atau chamomile dalam sabun juga sangat bagus bagi mereka yang memiliki kulit berminyak.
Kulit sensitif
Untuk mencegah timbulnya iritasi, sebaiknya Anda yang berkulit sensitif menggunakan sabun dengan sedikit atau tanpa pewangi. Pastikan juga sabun yang Anda pilih memiliki kandungan tingkat pH yang seimbang (pH balanced). Hindari sabun yang mengandung bahan antibakteri dan deodoran.
Kulit kombinasi
Jika kulit Anda terasa bersisik, kering, dan mudah teriritasi di bagian tertentu, tapi pada saat bersamaan terasa berminyak di area lain, berarti Anda memiliki kulit kombinasi. Karena terdiri atas kulit kering dan berminyak, kulit kombinasi perlu dibersihkan secara khusus dengan menggunakan produk yang berbeda-beda. Gunakan pembersih yang lembut dan mengandung bahan kimia yang minimal. Di area kering, Anda perlu mengaplikasikan pelembap, sementara itu Anda memerlukan sabun pembersih yang mengandung benzoil peroksida pada area berminyak untuk mencegah peradangan atau kemunculan jerawat.

Gunakan Sabun yang Sesuai

Setelah mengenali jenis kulit Anda, pilih sabun yang paling cocok dengan kebutuhan kulit Anda. Sabun yang baik akan membuat kulit Anda terlihat lebih halus, indah, dan sehat.
Sabun Batang
Kandungan sodium hidroksida di dalam sabun batang memang berguna untuk membersihkan tubuh dari kotoran. Meski begitu, kandungan sodium hidroksida dalam sabun batang juga dapat membuat kulit Anda menjadi kering. Jika Anda tetap lebih memilih sabun batang, pastikan sabun pilihan Anda tidak mengandung alkali yang tinggi yang dapat menyebabkan iritasi dan kulit menjadi kering. Sebaliknya, gunakan sabun batang yang mengandung banyak emolien untuk menjaga kelembapan kulit.
Body Wash
Selain membersihkan kotoran, sabun cair biasanya mengandung pelembap sepertipetrolatum yang berguna untuk menjaga kulit tetap lembut. Body wash cocok digunakan oleh mereka yang memiliki kulit normal karena cenderung lebih cair dibandingkan shower gel yang bertekstur kental. Body wash dengan label “moisturizing” adalah pilihan yang paling baik untuk mereka yang berkulit kering karena selain mengandung petrolatum juga mengandung minyak pelembap alami.
Shower Gel
Sama seperti body wash, shower gel juga berbentuk cair. Bedanya, shower gellebih kental dan biasanya mengandung lebih banyak pewangi. Jenis sabun ini cocok untuk mereka yang memiliki kulit berminyak.
Apakah setelah mencoba beberapa jenis sabun dan pelembap yang berbeda, kulit Anda masih tetap tidak sehat? Cobalah temui seorang spesialis perawatan kulit untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar