Rabu, 22 Januari 2014

Obat Panu ( Obat Tradsional ) 1

Pengobatan Penyakit Panu Alami


Panu secara kasat mata akan tampak berupa bercak berwarna, bervariasi dari putih sampai cokelat kehitaman, dengan batas yang tergolong cukup bila dibandingkan dengan kulit disekitarnya. Bila dikerok akan tampak serpihan-serpihan keputihan diatas kulit yang menderita panu. Penyakit ini biasanya menderita diderita oleh orang yang kurang menjaga kebersihan kulitnya. Pengobatan penyakit panu alami dapat dilakukan dengan rimpang lengkuas 1 jari, bawang putih 1 umbi, dan jeruk nipis 1 buah.  Cara pembuatannya adalah lengkuas dan bawang putih ditumbuk halus dan dicampur air jeruk nipis. Cara pemakaiannya adalah dengan mengoleskan ramuan ke bagian kulit yang terkena panu secara teratur.
Pengobatan penyakit panu alami yang lain adalah dengan lengkuas. Lengkuas dapat mengobati perut kembung dan sebah. Lengkuas juga dapat mengobati panu, kurap, eksim, bercak-berak kulit, dan tahi lalat (sproeten). Lengkuas adalah obat ampuh untuk meredakan demam, pembengkakan limpa, pemulihan rahim pasca bersalin, radang telinga, bronkitis, dan diare. Lengkuas juga dapat dimanfaatkan sebagia pembunuh jamur kulit, obat masuk angin, gig ngilu, dan obat kuat.
Ini adalah bahan yang sangat efektif untuk pengobatan penyakit panu alami. Minyak daun teh memiliki sifat anti jamur dan mampu menghilangkan kelebihan minyak di permukaan kulit. Cara pemakaiannya sama dengan cuka. Oleskan bahan pada kapas atau kain, kemudian usapkan pada bagian yang terinfeksi. Biarkan selama beberapa saat lalu hapus dengan air atau alkohol. Selain hal tersebut ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan pencegahan penyakit panu adalah :
  1. Mengonsumsi buah yang mengandung antioksidan sehingga bisa menimbulkan system kekebalan tubuh. Semakin tinggi system imun di dalam tubuh  maka semakin cepat proses penyembuhan penyakit panu.
  2. Mengonsumsi sayuran setiap hari. Karena sayur juga mampu meningkatkan system kekebalan tubuh namun jika dikonsumsi secara teratur.
  3. Madu berkjasiat melancarkan peredaran darah. Apapun bentuk madu tersebut, madu asli atau madu yang sudah diproses, bahan makanan ini bisa memberikan efek positif dan efek yang baik pada pengobatan penyakit kulit panu.
  4. Cengkeh mempunyai kemampuan alami untuk melawan infeksi jamur. Anda bisa memakainya untuk pengobatan luar maupun pengobatan dalam. Mengunyah cengkeh secara rutin dapat membantu mencegah infeksi jamur yang menempel pada tubuh.
Kunyit merupakan tanaman semak yang tingginya dapat mencapai 70 cm. Batangnya semu, tegak, bulat, membentuk rimpang, dan berwarna kekuningan. Rimpang kunyit dapat dimanfaatkan sebagai bumbu masakan, minuman, bahkan berkhasiat obat. Kandungan kimia pada kunyit mengandung minyak atsiri (felandren, turmeron, zingiberen), kurkumin, dammar, gom, lemak, protein, kalsium, fosfor, dan zat besi. Khasiat dari kunyit sendiri adalah sebagai obat radang rahim, pembersih darah, radang amandel, gabag, obat panu, keputihan, menghentikan pendarahan, antikejang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar