Rabu, 07 Mei 2014

Mengenal Lebih Jauh Apa Itu Vertigo

Jika anda didiagnosa mengidap satu penyakit, anda tentunya ingin mengetahui lebih lanjut penyakit tersebut agar anda bisa mengetahuipengobatannya. Seperti halnya penyakit vertigo. Penyakit yang cukup membuat depresi para penderitanya ini harus ditelisik lebih mendalam lagi.
Kenali lebih jauh apa itu vertigo agar anda juga dapat mengetahui penanganannya, jenisnya, gejalanya, serta penyebabnya. Dengan pemahaman yang mendalam tentang penyakit ini, anda dapat menangani secara dini jika sewaktu-waktu gejala vertigo muncul.

Apa itu Vertigo?

apa itu penyakit vertigoVertigo ditandai dengan gejala umum yang diketahui banyak orang, yaitu rasa sakit atau pusing di sekitar kepala saja. Namun, itu saja belum cukup untuk mengkategorikannya sebagai vertigo. Vertigo berasal dari bahasa Yunani, vertere, yang berarti memutar.
Vertigo itu sendiri diartikan sebagai sensasi gerak atau gerakan tubuh atau lingkungan sekitarnya yang disertai oleh gejala lain. Gerakan memutar ini terjadi terutama ketika anda melakukan gerakan kepala ke atas atau ke bawah secara cepat.
Rasa pusing tersebut pasti akan disertai oleh ilusi banyak bayangan yang anda lihat selagi merasa pusing. Lalu, apa itu vertigo? Vertigo sendiri berarti pusing berputar atau pusing tujuh keliling. Keadaan tubuh anda tidak bergerak namun bayangan di mata anda seakan-akan menunjukkan gerakan memutar. Itulah gejala dini dari penyakit ini.

Kelainan Vertigo

Untuk mengetahui lebih lanjut apa itu vertigo, anda juga dapat mengidentifikasi kelainan yang terjadi, akibat gangguan keseimbangan baik sentral maupun perifer pada telinga. Untuk mengetahuinya, anda harus menjalani serangkaian test yang dibantu oleh dokter THT-KL melalui pemeriksaan ENG (elektronistagmografi) untuk memastikan ada atau tidaknya gangguan pada keseimbangan saraf.
Penyakit ini terjadi bukan karena faktor genetik, namun karena penyebab lain seperti serangan migraine, mabuk kendaraan, infeksi bakteri pada telinga, terjepitnya pembuluh darah di kepala, atau radang pada leher. Faktor-faktor tersebut dapat menjadi pemacu penyakit sakit kepala dahsyat ini.
Namun ternyata, penyakit ini juga dapat dipicu oleh obat-obatan seperti streptomisin, kina, dan salisilat. Ketiga obat tersebut dapat menimbulkan radang kronis telinga bagian dalam (vestibular).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar