Rabu, 21 Mei 2014

9 Manfaat Alami Kayu Secang

secangApa yang Anda ketahui tentang secang? Bila belum ada, ikutilah penjelasan berikut ini. Secang lebih banyak dikenal oleh masyarakat sebagai tanaman yang dapat digunakan sebagai sumber pewarna alami. Bagian batang atau kayu kayu tanaman itu memang dapat mengeluarkan warna merah alami. Oleh sebab itu, kayu secang banyak dimanfaatkan orang sebagai pewarna makanan dan minuman. 
Padahal, selain sebagai rempah penyedap makanan dan pewarna alami itu, ternyata kayu secang juga memiliki beberapa khasiat untuk memelihara kesehatan. Apa yang membuatnya berkhasiat?
Setidaknya, ada sembilan komponen kimia pada kayu secang yang sangat bermanfaat bagi kesehatan bila dikonsumsi secara rutin. Dan komponen-komponen tersebut adalah asam galat, tanin, resin, resorsin, brasilin, brasilein, d-alfa-phellandrene, oscimene, dan minyak asiri.
Dari kesembilan senyawa yang sebagian besar tergolong flavonoid itu, setidaknya juga terdapat sembilan khasiat yang perlu diketahui, seperti berikut ini.
1. Mengatasi diare dan disentri,
2. Memepercepat penyembuhan luka dalam,
3. Mempercepat penyembuhan setelah masa persalinan,
4. Mengatasi batuk darah, berak darah, muntah darah, dan luka berdarah,
5. Mengatasi pembengkakan akibat tumor,
6. Mengatasi nyeri akibat gangguan sirkulasi darah,
7. Mengobati penyakit sifilis, malaria, tetanus, dan peradangan selaput mata,
8. Menjadi penawar racun bagi tubuh yang kena toksin, dan
9. Sebagai antiseptik, antibakteri, dan antikoagulan (anti penggumpalan darah).
Selama ini, kayu secang dapat digunakan untuk campuran bir pletok dengan beberapa rempah. Penggunaan kayu secang itu memberikan efek warna kemerah-merahan apabila bir itu diseduh dengan air panas. Bir pletok merupakan minuman penyegar dari bahan rempah-rempah dan tidak mengandung alkohol.
Tak jauh berbeda dengan bir pletok, kini bersama kapulaga, habbatussauda, lada hitam, pegagan, cengkih, jahe merah, kayu manis, pala, gula aren, dan madu, bubuk kayu secang kami racik dalam suatu ramuan yang bernama Cappujaƫ 99. Minuman dalam bentuk bubuk halus dengan rasa yang enak dan aroma yang wangi menggoda ini dikemas dalam saset-saset higienis seberat 20 gram.
Bila minuman ini diminum setiap hari, selain imunitas meningkat sehingga tak gampang kena penyakit, badan Anda akan semakin hot dan fresh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar