Kamis, 01 Agustus 2013

Khasiat Mentimun

Khasiat Mentimun



Khasiat Mentimun - Mentimun atau sering juga disebut dengan ketimun sering kita jumpai sebagai pelengkap makanan lainnya, seperti lalapan, pecel, nasi goreng bahkan sering juga dipakai untuk pelengkap minuman. Memang salah satu jenis tanaman bernama ilmiah Scientifict Cucumis Sativus ini mempunyai rasa yang enak dan menyegarkan di mulut. Lalu apa kah kita sadar saat kita mengkosumsi mentimun kita mendapatkankhasiat mentimun yang baik untuk menjaga kesehatan kita? Dilihat dari kandungan nutrisinya memang mentimun memberikan kita segudang khasiat.

Seperti yang tadi dikatakan mentimun memiliki banyak kandungan nutrisi seperti protein, lemak dan karbohidrat. Selain itu, mentimun juga memiliki kandungan zat yang sangat bermanfaat, seperti kalsium, zat besi, magnesium, fosforus, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2 dan juga vitamin C.


Khasiat Mentimun

Dilihat dari kandungan nutrisi yang sangat banyak khasiat mentimun pasti akan kita dapatkan. Berikut adalah khasiat mentimun yang dapat membantu menjaga kesehatan tubuh kita:

  1. Membantu melawan kankerKhasiat mentimun memang dipercaya dapat membantu melawan kanker, berdasarkan sebuah penelitian kandungan zat lariciresinol, pinoresinol dan secoisolariciresinol dapat menurunkan resiko beberapa penyakit kanker, seperti kanker payudara, kanker prostat, kanker rahim dan kanker ovarium.
  2. Perawatan ginjalAir yang terkandung dalam mentimun dipercaya memberikan khasiat mentimun yang dapat melancarkan fungsi ginjal dan urenisasi. Selain itu, khasiat mentimun juga dapat membantu meringankan masalah kandung kemih.
  3. Mengendalikan tekanan darahKhasiat mentimun dapat mengobati baik tekanan darah rendah ataupun tekanan darah tinggi, ini karena jus mentimun mengandung banyak kalium, magnesium dan serat yang bekerja sangat efektif untuk mengatur tekanan darah.
  4. Mengurangi kolesterolPara peneliti menemukan khasiat mentimun dapat mengurangi kadar kolesterol, ini karena mentimun mengandung beberapa senyawa yang disebut dengan sterol, sehingga menjauhkan tubuh kita dari kadar kolesterol yang berlebih.
  5. Membantu perawatan kulitKhasiat mentimun dapat membantu perawatan kulit, ini dilihat dari kandungan air yang tinggi dalam buah mentimun ditambah dengan vitamin A, B dan C juga mineral tertentu seperti magnesium, kalium dan silika. Selain itu sari mentimun yang dibuat masker dapat digunakan untuk mengencangkan kulit.
  6. Meringankan asam urat dan rematikMentimun banyak mengandung vitamin A, B1, B6, C dan D. Selain itu, mentimun juga memiliki kandungan folat, kalsium, magnesium dan kalium. Apabila mentimun dicampurkan dengan wortel dan dibuat jus maka memberikan khasiat mentimun yang dapat meredekan encok dan nyeri artritis dengan cara menurunkan kadar asam urat.
  7. Dapat menjaga kesehatan gigi dan gusiKhasiat mentimun sangat bermanfaat untuk orang yang mempunyai masalah dengan kesehatan gigi dan gusi. Mentimun merupakan sumber serat makanan yang sangat baik untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi.
  8. Merangsang pertumbuhan rambutKhasiat mentimun sangat baik untuk membantu pertumbuhan tetap sehat, ini karena mentimun mengandung silikon dan belerang. Kandungan tersebut dapat membantu merawat agar rambut tumbuh dengan sehat.
  9. Menjaga cairan tubuhKhasiat mentimun dapat membantu memelihara cairan tubuh dan juga menjaga suhu tubuh agar tetap dalam keadaan normal, ini karena mentimun mengandung kadar air yang lebih bergizi dibandingkan air biasa. Hal ini juga dapat membantu untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh.
  10. Perawatan kukuKhasiat mentimun sangat baik untuk membantu merawat kesehatan kuku, ini karena mentimun mengandung silika yang sangat tinggi sehingga mampu mencegah kuku pecah serta memanjakan kuku tangan maupun kaki.
  11. Melancarkan pencernaanKhasiat mentimun dapat membantu melancarkan pencernaan, ini karena mentimun memiliki kandungan air yang tinggi serta serat makanan yang sangat efektif untuk mengusir racun dalam sistem pencernaan. Hal ini pun dapat menyembuhkan gangguan pencernaan lainnya seperti asam lambung, sembelit, mules dan gastritis.
  12. Menghilangkan bau mulutKhasiat mentimun dipercaya dapat menghilangkan bau mulut, ini karena kandungan phytochemcials dalam mentimun dapat membunuh bakteri-bakteri yang menyebabkan bau mulut.
Khasiat Mentimun

Selain khasiat mentimun yang diatas telah disebutkan, khasiat mentimun juga sangat baik untuk meredakan sakit kepala, meredakan sariawan, menghilangkan jerawat dan juga mengobati penyakit cacingan. Ternyata jenis tanaman yang sering dijadikan lalapan ini memberikan banyak khasiat yang dapat membantu menjaga tubuh kita agar tetap sehat. Semoga tulisan khasiat mentimun ini dapat bermanfaat untuk semua pembacanya dan terima kasih telah membaca tulisan khasiat mentimun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar